Minggu, 26 Juli 2015

Selamat Datang di Kota Surabaya

Apa yang dapat segera diingat perihal Jawa Timur?
Sudah pasti Surabaya. Terkecuali jadi ibukota dari provinsi Jawa Timur, Surabaya adalah kota paling besar ke-2 sesudah Jakarta. Dengan populasi masyarakat seputar 3 juta orang, Surabaya sudah jadi kota Metropolis dengan sebagian keanekaragaman yang kaya didalam nya. Diluar itu, Surabaya sekarang ini juga sudah jadi pusat usaha, perdagangan, industri, serta pendidikan di Indonesia.

Surabaya di kenal juga sebagai Kota Pahlawan, hal semacam ini berlangsung mulai sejak ada pertempuran rakyat Surabaya melawan tentara Belanda dalam revolusi kemerdekaan Indonesia.

Nama Surabaya, sesuai sama etimologinya, datang dari kata Sura ata Suro serta Baya atau Boyo, dalam bhs Jawa. Suro yaitu type ikan hiu, tengah boyo yaitu arti bhs jawa untuk buaya. Menurut mitos, dua hewan ini yaitu binatang paling kuat yang juga jadi lambang kota Surabaya hingga sekarang ini. Pendapat lain menyampaikan, bahwa nama Surabaya juga di ambil dari arti Sura Ing Baya, yang bermakna " berani hadapi bahaya ".

Surabaya adalah pelabuhan paling utama serta pusat perdagangan komersial di lokasi timur Indonesia, serta saat ini jadi salah satu kota terbesa di Asia Tenggara. Berbarengan dengan Lamongan di barat laut, Gresik di barat, Bangkalan di timur laut, Sidoarjo di selatan, Mojokerto serta Jombang di barat daya jadi kesatuan yang diberi nama Gerbang Kertosusila, seperti Jabodetabek di Jakarta serta sekitarnya.

Letak kota Surabaya ada di pinggir pantai utara Jawa timur, serta berbatasan segera dengan Selat madura di utara serta timur, Kabupaten Sidoarjo di selatan, serta Kabupaten Gresik di barat. Kota Surabaya ada pada dataran rendah, dengan ketinggian pada 3-6 M di asata permukaan laut, hal semacam ini juga yang menyababkan suhu hawa di Surabaya termasuk panas serta kering.

Juga sebagai ibukota propinsi, Surabaya juga adalah rumah untuk banyak kantor serta pusat usaha. Perekonomian Surabaya juga di pengaruhi oleh perkembangan baru dalam industri asing serta sebagian segmen industri yang selalu berkembang, terlebih dalam soal property, di mana gedung pencakar langit, mall, plaza, apartemen serta hotel berbintang selalu terbangun tiap-tiap tahunnya.

Juga sebagai kota metropolitan, Surabaya ditempati oleh multi etnis serta banyak suku bangsa, seperti warga Tionghoa, suku Jawa, Batak, Madura, Bali, Bugis, Sunda serta banyak lagi. Ada pula warga negara asing termasuk juga Malaysia, Cina, India, Arab serta Eropa.

Bhs yang dipakai sehari-hari beberapa besar memakai bhs Jawa, dengan dialek Suroboyoan. Dialek ini cukup tidak sama dengan bhs Jawa dari Jawa Tengah seperti Surakarta atau Yogyakarta. Dialek Suroboyoan mempunyai intonasi yang dalam serta tinggi, serta berkesan keras.

Walau Surabaya banyak di pengaruhi oleh bermacam budaya, namun keaslian budayanya tetap masih hidup serta berkembang hingga sekarang ini. Bermacam kebudayaan asli itu dapat dipandang dari beragam acara seperti, kesenian wayang, ludrug, tari remo serta kebudayaan khas Jawa yang lain.

Dari sisi pariwisata, seperti kota yang sarat bakal histori, Surabaya mempunyai sebagian object wisata yang dapat dikunjungi yang terkait dengan histori saat lampau. Ditambah lagi, Surabaya mempunyai keanekaragaman kuliner yang senantiasa di cari oleh wisatawan yang datang, seperti : rujak uleg, rawon, nasi bebek, kupang lontong, longtong balap serta ada banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar